All The Best People are Crazy!!

Monday 9 May 2016

Kamu Sering Berkhayal atau Fans Berat? Wajib Baca Artikel Ini!

terlahircantik - Penyakit Kejiwaan

Penyakit Kejiwaan


Guys,  beberapa minggu lalu aku nonton drakor Dr Frost nih, drakor jadul sih, drakor tersebut drakor tentang ilmu psikologi yang diadaptasi dari komik, cuma 10 episode, tapi aku tambah ilmu baru nih, genre kayak gini emang paling aku suka, seenggaknya bukan cuma hiburan doang tapi juga bikin kita mikir. Oke, aku disini gakan review drakornya, aku disini akan menyampaikan penyakit kejiwaan apa saja yang pernah di jadikan cerita di drakor ini.



Jadi, ceritanya di episode 1 ini ada aktris yang dateng ke Dr Frost dan merasa bahwa dirinya akan membunuh dia sendiri, sampe dia ga berani liat cermin. Dalam penyelidikan Dr Frost sang aktris berubah kepribadiannya yang asalnya jutek jadi baik.

Di episode ini ada 2 jenis gangguan kejiwaan yang di bahas, yaitu:

sering berkhayal
Sumber : tercantum
Dissociative Identity Disorder : Kepribadian ganda, katanya orang yang kayak gini punya banyak sisi berbeda, tapi mereka lupa dengan sisi kepribadian mereka yang lainnya. 

Di episode ini Dr Frost  berpikir kalo sang aktris ngidap penyakit kepribadian ganda, karna dia bisa berubah dari jutek ke baik dengan cepat dan lupa kalo mereka pernah ketemu. Tapi, dia kemudian ragu. Katanya, kalo si A berubah jadi B dia ga akan inget kehidupan A sama sekali termasuk namanya sendiri. So, kalo temen kamu yang asalnya anggun di hari senin, lalu nyablak di hari selasa tapi dia masih kenal kamu, dia sama sekali ga mengidap penyakit DID ini ya.. Mungkin aja dia dapet wangsit di mimpi hhee.....

DID itu bisa bikin orang berubah secara emosi dan penampilannya. Tapi katanya kebiasaan yang sudah mendarah daging ga kan berubah, misalnya kalo dia kidal dia akan tetep kidal meskipun sedang berubah identitasnya. Selain kebiasaan, bentuk tubuh juga gakan berubah loh yah (kata drakor ini sih, hhee...)

sering berkhayal
Sumber : tercantum


Delusional Disorder : gangguang khayalan
Pada akhirnya Dr Frost tau kalo ukuran sepatu sang aktris berubah dan kemudian menganggap kalo sang aktris sebenernya tidak mengidap penyakit DID, karena ternyata ada dua orang yang mengaku sebagai aktris ini. Aktris palsu mengidap gangguan kejiwaan Delusional Disorder, dimana dia sangat terobsesi pada sang aktris dan merasa bahwa dia adalah aktris yang asli hingga berani operasi plastik agar mirip dengannya.

Kalo aku search di internet Delusional Disorder itu adalah gangguan khayalan yang ditandai dengan satu atau lebih keyakinan palsu yang berlangsung setidaknya 1 bulan. Ya contohnya kayak yang diatas tadi. Katanya sih penyakit kejiwaan ini muncul di pertengahan atau akhir kehidupan orang dewasa. Contoh di kehidupan nyata sih katanya pembunuh John Lennon yang ternyata seorang fans beratnya dan sangat terobsesi. Ih serem yah, karena penderita ini bisa melakukan sesuatu yang ekstrim banget guys.

Dan ternyata ada jenis lain dari gangguan kejiwaan ini loh guys. Misalnya kalo kita punya pacar terus kita ngerasa kalo pacar kita itu selingkuh padahal ga sama sekali, itu bisa masuk kategori ini juga! Atau kita ngerasa kalo temen kita suka ngomongin kita, ngefitnah kita, padahal ternyata enggak. Ternyata hal kecil kayak gitu juga masuk ke gangguan kejiwaan ya... Siapa yang pernah gini? Angkat tangannya keatas!!!

Katanya sih awalnya penyakit ini karena kita sangat sangat saaangaat menyukai sesuatu dan timbul kecemburuan hingga mulailah kita berkhayal dalam jangka panjang, lalu khayalan itu menjadi susah di bedakan dengan kenyataan, bahkan khayalan lebih mengasai diri kita makanya jadi gila deh.

So, guys, jangan kebanyakan ngayal yah, takutnya kita jadi pasien DID atau Delusional Disorder >.<  Tapi Kyung-soo Oppa, aku tetep bakal jadi fangirl mu kok :p

Sekian penjelasan gangguan kejiwaan yang ada di ep 1 drakor ini ya, nanti aku lanjutin ke episode selanjutnya. Maafin kalo ada salah, boleh di koreksi kok :D

Note : Sering-sering deket sama Tuhan aja ya, perbanyak ibadah, biar dilindungi pikiran dan perasaan kita dari penyakit ini. Aamiin

Makasih yah udah baca postingan ini, baca juga postingan aku lainnya, salam titik dua bintang :*

No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post