All The Best People are Crazy!!

Tuesday 10 November 2015

Konsep Umum Android



Terlahir Cantik - Konsep Umum Android
Halo gengs! Sebelumnya aku sudah posting tentang instalasi Android. Nah sekarang aku akan sedikit bahas apa yang aku ketahui tentang android.

  • Gengs, android itu cuma punya satu layar foreground. Jadi kalo kamu punya main menu sebagai home maka ketika kamu masuk ke UI about artinya si about menimpa si main menu dengan kata lain hanya menutupi main menu bukan menutup main menu.
  • Kalo kamu menekan tombol back itu hanya akan membuat kamu ke halaman sebelumnya. Analoginya kayak web browser, kalo kamu ngeback maka akan kembali ke alamat/halaman sebelumnya.
  • Setiap UI di wakili oleh satu Activity dimana activity ini memiliki siklus yang ditangani sistem. Nah ini dia siklus-siklusnya:

    StatusFungsi
    onCreate(Bundle)Dipanggil saat pertama kali aplikasi dijalankan. Kita dapat menggunakan ini untuk deklarasi variabel atau membuat user interface.
    onStart()Mengindikasikan activity yang ditampilkan ke pengguna (user).
    onResume()Dipanggil saat applikasi kita mulai berinteraksi dengan pengguna. Disini sangat cocok untuk meletakkan animasi ataupun musik.
    onPause()Dipanggil saat applikasi yang Kita jalankan kembali ke halaman sebelumnya atau biasanya karena ada activity baru yang dijalankan. Disini cocok untuk meletakkan algoritma penyimpanan (save).
    onStop()Dipanggil saat aplikasi Kita berjalan di belakang layar dalam waktu cukup lama.
    onRestart()Activity kembali menampilkan user interface setelah status stop.
    onDestroy()Dipanggil saat aplikasi benar-benar berhenti.
    onSaveInstanceState(Bu ndle)Method ini mengijinkan activity untuk menyimpan setiap status intance. Misalnya dalam mengedit teks, kursor bergerak dari kiri ke kanan.
    onRestoreInstanceState (Bundle)Diapanggil saat activity kembali meng-inisialisasi dari status sebelumnya yang disimpan oleh onSaveInstanceState(Bundle).

    Konsep Umum Android


  • Pada android, ada yang namanya service. Service ini beda dengan Activity yang memiliki UI. Service ini bekerja dibelakang layar. Contohnya music player. Activity digunakan untuk memilih lagu dan play lagu lalu Service digunakan agar music player bisa tetap berjalan meskipun kita sedang membuka aplikasi lain.
  • Nah selanjutnya ada yang namanya Intent, intent ini fungsinya untuk memanggil activity lainnya.
  • Yang terakhir adalah Content Providers, berfungsi sebagai jalan untuk mengakses data yang dibutuhkan pada sebuah activity.
Hemph, mungkin agak membingungkan yah gengs :v next aku bahas tutorial sederhananya ya supaya jelas. Kalau ada kesalahan kasih komentar yah. 

*salam sayang titik dua bintang*



No comments:

Post a Comment

Ads Inside Post